Mengenal Kota Palu


Banyak di antara kita yang mungkin belum mengenal Kota Palu. Apalagi bagi teman-teman yang berada di luar Pulau Sulawesi, nama Palu mungkin saja jarang terdengar di telinga. Karena memang kota ini masih kalah terkenalnya dibanding kota besar di Sulawesi seperti Makassar dan Manado. Palu sendiri merupakan sebuah kota kecil yang mulai berkembang. Posisinya sendiri terletak di tengah Pulau Sulawesi. Nah, untuk mengenalkan lebih jauh tentang kota Palu, berikut informasi menariknya.

1. Sejarah Kota Palu

Palu adalah Ibukota Provinsi Sulawesi TengahIndonesia. Palu merupakan kota yang terletak di Sulawesi Tengah, berbatasan dengan Kabupaten Donggala di sebelah barat dan Utara, Kabupaten Sigi di sebelah selatan, dan Kabupaten Parigi Moutong di sebelah timur. Kota Palu merupakan kota lima dimensi yang terdiri atas lembah, lautan, sungai, pegunungan, dan teluk. Koordinatnya adalah 0,35 – 1,20 LU dan 120 – 122,90 BT. Kota Palu dilewati oleh garis Khatulistiwa. Penduduk Kota Palu berjumlah 342.754 jiwa berdasarkan data tahun 2012.

Asal usul nama kota Palu adalah kata Topalu'e yang artinya Tanah yang terangkat karena daerah ini awalnya lautan. Pernah terjadi gempa dan pergeseran lempeng (palu koro) sehingga daerah yang tadinya lautan tersebut terangkat dan membentuk daratan lembah yang sekarang menjadi Kota Palu.

Istilah lain juga menyebutkan bahwa kata asal usul nama Kota Palu berasal dari bahasa Kaili VOLO yang berarti bambu yang tumbuh dari daerah Tawaeli sampai di daerah sigi. Bambu sangat erat kaitannya dengan masyarakat suku Kaili, ini dikarenakan ketergantungan masyarakat Kaili dalam penggunaan bambu sebagai kebutuhan sehari-hari mereka, baik itu dijadikan Bahan makanan (Rebung), Bahan bangunan (Dinding, tikar, dll), Perlengkapan sehari hari, permainan (Tilako), serta alat musik (Lalove)

Pada awal mulanya, Kota Palu merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Palu. Pada masa penjajahan Belanda, Kerajaan Palu menjadi bagian dari wilayah kekuasaan (Onder Afdeling Palu) yang terdiri dari tiga wilayah yaitu Landschap Palu yang mencakup distrik Palu Timur, Palu Tengah, dan Palu Barat; Landschap Kulawi; dan Landschap Sigi Dolo. 

Pada tahun 1942, terjadi pengambilalihan kekuasaan dari Pemerintahan Belanda kepada pihak Jepang. Pada masa Perang Dunia II ini, kota Donggala yang kala itu merupakan ibu kota Afdeling Donggala dihancurkan oleh pasukan Sekutu maupun Jepang. Hal ini mengakibatkan pusat pemerintahan dipindahkan ke kota Palu pada tahun 1950. Saat itu, kota Palu berkedudukan sebagai Kepala Pemerintahan Negeri (KPN) setingkat wedana dan menjadi wilayah daerah Sulawesi Tengah yang berpusat di Kabupaten Poso sesuai Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1950. Kota Palu kemudian mulai berkembang setelah dibentuknya Residen Koordinator Sulawesi Tengah Tahun 1957 yang menempatkan Kota Palu sebagai Ibu kota Keresidenan.

Terbentuknya Provinsi Sulawesi Tengah berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1964, status Kota Palu sebagai ibu kota ditingkatkan menjadi Ibu kota Provinsi Daerah Tingkat I Sulawesi Tengah. Kemudian pada tahun 1978, Kota Palu ditetapkan sebagai kota administratif berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 1978. Kini, berdasarkan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1994 Kota Palu ditingkatkan statusnya menjadi Kotamadya Palu.

2. Karakteristik Kota Palu

Berdasarkan data Pemerintah Kota Palu (2009), dataran Kota Palu dikelilingi oleh pegunungan dan pantai. Peta ketinggian mencatat, 376,68 Km2 (95,34%) wilayah Kota Palu berada pada ketinggian 100 - 500 mdpl dan hanya 18,38 Km2 (46,66%) terletak di dataran yang lebih rendah. Kota Palu terletak di bagian Utara khatulistiwa, menjadikan Kota Palu sebagai salah satu kota tropis terkering di Indonesia dengan curah hujan kurang dari 1.000 mm per tahun.

Sementara itu, secara geografis Kota Palu berbatasan dengan daerah sebagai berikut: sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Labuan (Kabupaten Donggala); sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Parigi Barat (Kabupaten Parigi Moutong); sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Marawola dan Kecamatan Biromaru (Kabupaten Sigi); dan sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Banawa Selatan (Kabupaten Donggala).

Jika berbicara mengenai keadaan sosial kemasyarakatan, maka Kota Palu sangatlah heterogen. Penduduk yang menetap di kota ini berasal dari berbagai suku bangsa seperti BugisToraja, dan Mandar yang berasal dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi BaratGorontaloManadoJawaArabTionghoa, dan Kaili yang merupakan suku asli dan terbesar di Sulawesi Tengah.

Tidak hanya itu, Kota Palu saat ini juga menjadi salah kawasan ekonomi khusus (KEK) di Indonesia bagian timur. Berbagai persiapan untuk ditetapkan Kota Palu sebagai kawasan ekonomi khusus telah dilakukan, penyiapan lahan seluas 1.520 hektare di Kecamatan Palu Utara, yang meliputi Kelurahan Pantoloan, Baiya, dan Lambara. Lahan seluas 1.520 hektare itu akan dibagi menjadi kawasan industri seluas 700 hektare, kawasan perumahan (500 hektare), kawasan pendidikan dan penelitian (100 hektare), kawasan komersial (100 hektare), daerah olahraga (50 hektare), kawasan pergudangan (50 hektare), kawasan perkebunan dan taman (20 hektare).

Jika berbicara lebih jauh lagi mengenai kota Palu, maka tidak lain pembahasannya adalah rawannya daerah ini akan bencana alam. Tentu masih ingat dalam ingatan kita semua peristiwa 28 September 2018. Batapa bencana gempa bumi disusul dengan tsunami menghancurkan daerah Palu dan sekitarnya. Sejak saat itu, maka setiap menyebut nama kota Palu maka tdak bisa dilepaskan dari satu peristiwa maha dahsyat yang pernah terjadi di Indonesia.

Gempa bumi dan tsunami Sulawesi 2018 adalah peristiwa gempa bumi berkekuatan 7,4 SR diikuti dengan tsunami yang melanda pantai barat Pulau SulawesiIndonesia, bagian utara pada tanggal 28 September 2018, pukul 18.02 WITA. Pusat gempa berada di 26 km utara Donggala dan 80 km barat laut kota Palu dengan kedalaman 10 km. Guncangan gempa bumi dirasakan di Kabupaten DonggalaKota PaluKabupaten Parigi MoutongKabupaten SigiKabupaten PosoKabupaten TolitoliKabupaten Mamuju bahkan hingga Kota SamarindaKota Balikpapan, dan Kota Makassar. Gempa memicu tsunami hingga ketinggian 5 meter di Kota Palu.

Akibat dari gempa besar tersebut memicu tsunami di lepas pantai bagian barat Sulawesi Tengah, juga likuefaksi di wilayah Balaroa dan Petobo. Banyak korban jiwa meninggal, ditambah lagi kerusakan parah yang terjadi pada bangunan rumah, perkantoran, rumah sakit, hotel, dan sekolah-sekolah.

Sumber: Wikipedia 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penggunaan Jalan, Jln., atau Jl. dalam Penulisan Surat

Soal Artikel, Kritik, dan Esai

Puisi Esai, Genre Baru dalam Kesusastraan Indonesia